Pengertian Kiai

Secara bahasa pengertian Kiai adalah seseorang yang dipandang alim (pandai) dalam bidang agama Islam, guru ilmu gaib, pejabat kepala distrik (di Kalimantan Selatan, Indonesia), benda-benda yang dipandang bertuah, dan sebutan untuk harimau.

Kiai dalam masyarakat Jawa adalah orang yang dianggap menguasai Ilmu agama Islam dan biasanya mengelola dan mengasuh pondok pesantren.

Di anatara kiai ada yang menjadi pemimpin organisasi tarekat yang banyak berperan dalam penyebaran Islam di Jawa. Sebutan kiai diberikan kepada orang-orang yang dipandang menguasi ilmu agama, mempunyai karisma, dan berpengaruh, baik dalam lingkup regional maupun nasional.

Pengertian Kiai Dalam Sejarah

Dalam perjalanan sejarah kiai kerap kali tampil di barisan depan perlawanan rakyat terhadap kolonialisme. Kiai bisa juga menerima pemimpin dari kalangan orang kafir, selama mereka tidak mencoba menghalangi usaha kiai untuk menyebarkan Islam. Pemikiran politik kiai semata-mata didasarkan pada kepentingan agama dan usaha penyebaran ajaran-ajaran Islam.

Tak jarang kiai dianggap orang suci yang memiliki kekuatan gaib. Karena itulah wibawa kiai sangat tinggi, yang memungkinkan mereka dengan mudah menggerakkan para pengikutnya.

Hubungan kekerabatan diantara para kiai sangat kuat karena banyaknya hubungan perkawinan diantara mereka. Ikatan kekerabatan ini ikut membentuk tingkah laku politik, keagamaan, dan ekonomi diantara mereka. Tambahan pula kiai merupakan tokoh sentral dalam pesantren serta panutan bagi para santri-santinya. Pertumbuhan pesantren sangat bergantung pada kemampuan dan integritas pribadi kiai.

Dalam percampuran politik kiai bisa menjadi kekuatan penting. Karena kiai merupan pembuat keputusan yang efektif dalam sistem kehidupan sosial orang Jawa, baik dalam kehidupan keagamaan maupun kehidupan politik. Di Jawa, kiai menempati kedudukan sosial yang tinggi sehingga mereka kerap kali diserahi tugas menangani masalah-masalah keislaman.

Julukan Kiai

 

Add Comment