Teks Prosedur (Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, Jenis, Contoh, dan Tujuannya)

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, mekanisme berarti termin aktivitas untuk menyelesaikan suatu kegiatan. Sedangkan teks berarti naskah yang berupa istilah atau kata yang berasal dari pengarang dan umumnya digunakan sebagai dasar untuk menyampaikan suatu pelajaran.

Pengertian teks prosedur sendiri dapat diartikan sebagai sebuah teks atau naskah yang berisi tahapan aktivitas untuk menyelesaikan aktivitas tertentu.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

teks prosedur

definisipengertian.net

Bagaimana cara kita membedakan apakah suatu teks ialah teks prosedur atau bukan? Untuk dapat melakukan hal itu, perhatikanlah ciri karakteristik teks prosedur berikut :

Umumnya menggunakan kalimat perintah atau imperatif.
Memakai kata kerja aktif.

Adanya penggunaan konjungsi guna mengurutkan kegiatan, seperti kemudian, setelah itu, kemudian, dan selanjutnya.

Ada istilah tentang waktu, tempat, dan cara secara akurat.
Teks prosedur terdiri dari 3 bagian yaitu bagian tujuan teks prosedur / mekanisme, material, dan langkah-langkah
Jenis-jenis Teks Prosedur

Teks prosedur ini terbagi menjadi 3 macam antara lain: Teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Teks Proseduk Sederhana dan Contohnya

Sesuai dengan namanya, teks prosedur sederhana memuat tahapan atau langkah-langkah yang tergolong sederhana. Langkah-langkah yang dipaparkan tidak banyak, bahkan mungkin hanya terdiri dari 2 atau 3 langkah saja. Contoh teks prosedur sederhana :

Cara Membat Telur Ceplok
Telur ceplok atau telur mata sapi artinya makanan favorit banyak orang. Diklaim telur mata sapi karena bentuknya seperti mata dengan kuning telurnya masih utuh di tengah. Beginilah cara sederhana membuat telur ceplok sendiri di tempat tinggal :

Alat dan Bahan

Telur
Minyak
Penggorengan
Cara kerja :

Panaskan minyak dalam penggorengan
Pecahkan telur di atas penggorengan dan beri sedikit garam
Balik telur sampai kedua sisi matang, dan siap dihidangkan

Cara Memasak Mie Instan

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan anak muda, apalagi buat anak kos. Sepertinya mie instan menjadi menu wajib untuk mencukupi kebutuhan asupan energi.

Karena selain murah mie instan juga mempunyai kelebihan lain misal cepet kenyang, enak, nggak ngebosenin apalgi kalo beli di warung pasti rasanya lebih enak, dan yang terpenting yaitu mudah masaknya. Buat kamu yang ngga bisa masak ini nih caranya.

Yang perlu kamu persiapkan :

Mie instan
Wajan atau panci
Air
Telur, biar lebih joss rasanya
Dan jangan lupa kasih beberapa potongan sayur untuk mengurangi zat kimianya
Cara masak :

Rebus air hingga mendidih
Masukkan Mie
Jika sudah setengah matang, masukkan telur
Sebelum diangkat masukkan sayuran, semenit aja biar nggak terlalu layu
Dan terakhir campurkan dan aduk bumbu seluruh bumbu yang ada.

Teks Prosedur Kompleks dan Contohnya

Teks prosedur kompleks ialah salah satu kajian pembelajaran kelas x pada kurikulum 2013. Dalam pembelajaran ini, siswa dituntut untuk bisa membuat suatu teks yg berupa prosedur. Seperti dinyatakan sang beberapa penulis yang saya kutip tentang penjelasan mengenai teks prosedur kompleks.

Dalam kitab panduan siswa 2013 mengungkapkan bahwa prosedur kompleks adalah sebuah mekanisme terdiri atas banyak langkah berjenjang dengan sub-langkah di setiap langkahnya. Yang dimaksud dari kompleks adalah yang menjadi sebagai warta sebuah teks prosedurnya.

Keterangan seperti itu memang dibutuhkan agar tidakan yg dilakukan pada setiap langkah dapat dipahami dengan praktis. Teks prosedur itu banyak mengandung perintah kalimat yang mengandung perintah, disebut kalimat imperatif.

Dari manfaatnya kalimat dapat diklasifikasikan menjadi kalimat imperatif, kalimat deklaratif, serta kalimat interogatif.

Kalimat imperatif berfungsi buat meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan. Kalimat seperti itu berfungsi untuk memberikan isu atau informasi ihwal sesuatu.

Adapun kalimat interogatif adalah kalimat yg berisi pertanyaan. Kalimat interogatif
berfungsi untuk meminta berita ihwal sesuatu. Kalimat interogatif bisa dibagi menjadi kalimat interogatif yang menuntut jawaban ya atau tidak dan kalimat interogatif yang menuntut jawaban yang berupa informasi.

Bahwa teks mekanisme kompleks tentang mekanisme yg terdiri dari langkah-langkah awal sampai akhir pada sebuah teks. selain itu pada teks prosedur kompleks terdapat fakta yang menjelaskannya yaitu diklaim menggunakan kompleks.

Mulyadi dan Danaira (2014:159) menyatakan bahwa mekanisme kompleks
adalah teks yang berisi petunjuk atau langkah-langkah melakukan suatu aktivitas. Teks prosedur kompleks memiliki persamaan dan perbedaan dengan teks lainnya.

Tetapi, ciri utama prosedur teks ialah terdapatnya petunjuk yang tersusun
Secara sistematis tentang suatu aktivitas atau perbuatan. Tim kemendikbud (2003), kalimat dicermati berasal dari bentuk sintaksisnya, sebagai berikut :

A. Kalimat deklaratif dianggap jua kalimat gosip dalam buku-buku rapikan bahasa Indonesia secara formal, bila dibandingkan dengan ketiga jenis kalimat yang lazimnya, tidak bermarkah khusus dalam pemakaian bahasa bentuk kalimat deklratif biasanya dipergunakan sang pembicara/penulis buat membentuk pernyataan.

Sehingga isinya merupakan gosip bagi pendengar atau pembacanya. Jika di suatu waktu kita mengetahui ada kecelakaan kemudian lintas dan kemudian kita mencapaikan insiden itu kepada orang lain, maka kita dapat memberitakan insiden itu dengan memakai beragam bentuk kalimat deklaratif.

B. Kalimat imperatif ialah kalimat perintah atau suruhan serta permintaan jika ditinjau berasal isinya, dapat pada perinci menjadi enam golongan.

C. Perintah atau suruhan niasa Jika pembicara menyuruh lawan bicaranya berbuat
Sesuatu.

D. Perintah halus Jika pembicaraan tampaknya tak memerinth lagi, namun menyuruh
Mencoba atau mempersilahkan versus bicara sudi berbuat sesuatu.

E. Permohonan jika pembicara, demi kepentingannya, minta lawan bicara berbuat
Sesuatu.

F. Ajakan dan harapan Bila pembicara mengajak atau berharap versus bicara berbuat
Sesuatu.

G. Embargo atau perintah negatif,Jika pembicara menyuruh supaya jangan dilakukan
Sesuatu.

H. Pembicara Jika pembicara minta agar jangan dibuang.

I. Kalimat interogatif yang juga di kenal menggunakan nama kalimat tanya, secara formaL ditandai oleh kehadiran kata tanya seperti apa, siapa, berapa, kapan, serta bagaimana dengan atau tanpa partike – kah menjadi penegas.

Kalimat interogatif dikhiri dengan indikasi tanya TKR A pada bahasa tulis dan di bahasa mulut
Menggunakan bunyi naik, terutama Jika tidak ada kata tanya atau bunyi turun.

Bentuk kalimat introgatif umumnya dipergunakan buat meminta jawaban “ya” atau
“tidak”, atau gosip tentang sesutau atau seorang dari lawan bicara atau
Pembaca.

Sesuai uraian tersebut bisa disimpulkan, bahwa teks prosedur kompleks adalah teks yg berupa langkah-langkah atau sublangkah disertai de-ngan keterangan yang menjelaskannya dengan meng-pakai kalimat-kalimat deklaratif, imperatf, serta interogatif, yang pada dalamnya berupa penyampaian, perintah,
Dan tanya.

Add Comment